Kuesioner Penilaian Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah

Kuesioner Penilaian Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah

KUISIONER LINK
SARANA PRASARANA
Menyediakan sarana dan prasarana layanan informasi publik dengan sistem elektronik dan non elektronik  
1  Layanan Elektronik  
  Menyediakan audio visual yang menayangkan layanan informasi publik/papan informasi elektronik/lainnya lihat di sini
  Badan Publik memiliki aplikasi yang memuat layanan keterbukaan informasi/PPID berbasis mobile yang dapat diakses untuk umum lihat di sini
  Tindak lanjut Permohonan Informasi Publik yang diumumkan pada website lihat di sini
2 Layanan Non Elektronik  
  Ruang Khusus Layanan Informasi/PPID disertai Meja Layanan lihat di sini
  Formulir Permohonan Informasi lihat di sini
  Formulir Keberatan  lihat di sini
   Daftar Register Permohonan  lihat di sini
   Jadwal pelayanan informasi publik  lihat di sini
  Mempunyai petugas layanan informasi publik (sertakan bukti SK dan foto pada desk layanan) lihat di sini
3 Layanan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas  
  Fasilitas aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas (sebutkan dan sertakan bukti)  lihat di sini
  Layanan khusus untuk penyandang disabilitas dalam memperoleh informasi, keberatan maupun layanan pengaduan pelayanan  lihat di sini
INFORMASI BERKALA  
1 Informasi yang Berkaitan dengan Profil Badan Publik
  Menyampaikan informasi terkait alamat lengkap Badan Publik, dengan mencakup nama jalan, nomor, kota/kab, provinsi, kode pos, no.tlp/fax dan alamat email/webmail  lihat di sini
  Menyampaikan informasi terkait tugas dan fungsi Badan Publik  lihat di sini
  Menyampaikan informasi terkait struktur organisasi Badan Publik sampai dengan dua tingkat kebawah  lihat di sini
  Menyampaikan informasi terkait struktur organisasi PPID Badan Publik sampai dengan dua tingkat kebawah  lihat di sini
2 Informasi yang Berkaitan dengan Profil Pimpinan Badan Publik  
  Menyampaikan informasi terkait profil singkat Pimpinan Badan Publik  lihat di sini
  Menyediakan Informasi terkait LHKPN 2023 yang dilaporkan tahun 2024, dicetak dari elhkpn.kpk.go.id (Ikhtisar)  lihat di sini
     
3 Informasi Mengenai Kegiatan dan Kinerja Badan Publik
  Menyampaikan informasi tentang program/kegiatan yang sedang dan atau telah dijalankan di tahun 2024, yang meliputi antara lain:
  - Nama Program/Kegiatan lihat di sini
  - Penanggung Jawab/Pelaksana Program lihat di sini
   - Jadwal kegiatan/program  lihat di sini
   - Target capaian atau penyerapan  lihat di sini
  - Sumber anggaran lihat di sini
  - Mengumumkan KAK 2024  
  Menyampaikan informasi tentang agenda terkait pelaksanaan tugas Badan Publik di tahun 2024  
  Menyampaikan Informasi kinerja dalam bentuk Laporan Akuntabilitas Kinerja Tahun (LAKIP) 2023 atau sejenisnya
4 Informasi Mengenai Keuangan Badan Publik  
  Menyampaikan informasi laporan keuangan hasil audit yang terdiri dari LRA, CALK, Neraca dan Daftar Aset Tahun 2023 lihat di sini
  Menyampaikan informasi keuangan tahun 2024 dalam bentuk DPA atau sejenisnya  lihat di sini
  Menyampaikan informasi keuangan tahun 2024 dalam bentuk RKA atau sejenisnya  lihat di sini
5 Informasi mengenai Laporan Akses Informasi Badan Publik 2024  
  Menyampaikan Jumlah permohonan informasi publik yang diterima  lihat di sini
  Menyampaikan Waktu yang diperlukan dalam memenuhi setiap permohonan informasi publik  lihat di sini
  Menyampaikan Jumlah permohonan informasi publik yang dikabulkan sebagian atau seluruhnya  lihat di sini
  Menyampaikan Alasan penolakan permohonan informasi publik.  lihat di sini
6 Informasi mengenai Hak Memperoleh Informasi di Badan Publik  
  Menyampaikan Tata Cara memperoleh informasi publik  lihat di sini
  Menyampaikan Tata Cara Mengajukan Keberatan atas Permohonan Informasi Publik  lihat di sini
  Tata cara proses penyelesaian sengketa Informasi Publik berikut pihak-pihak yang bertanggungjawab yang dapat dihubungi  lihat di sini
  Menyediakan form permohonan dan keberatan  lihat di sini
7 Informasi mengenai Laporan Tata Cara Pengaduan Penyalahgunaan Wewenang atau Pelanggaran di Badan Publik  
   Menyampaikan alur/skema pengaduan (tata cara)  lihat di sini
  Menyampaikan Form/lembar isian pengaduan  lihat di sini
  Menyampaikan Hasil penanganan pengaduan  lihat di sini
8 Informasi mengenai Pengadaan Barang dan Jasa Badan Publik 2024  
   Menyampaikan informasi tentang pengadaan barang dan jasa  lihat di sini
9 Informasi mengenai Regulasi Badan Publik  
  Menyampaikan Daftar Rancangan Peraturan, keputusan dan/atau kebijakan yang akan dikeluarkan/ditetapkan  lihat di sini
  Menyampaikan daftar peraturan, keputusan, dan/atau kebijakan yang telah ditetapkan  lihat di sini
10 Informasi tentang Ketenagakerjaan  
  Informasi tentang Penerimaan Calon Pegawai dan/atau Pejabat Badan Publik Negara (Internal Badan Publik)  lihat di sini
11 Informasi tentang Prosedur Peringatan dini dan Prosedur Evakuasi Keadaan Darurat di Setiap Kantor Badan Publik  
   SOP atau Video Safety Briefing  lihat di sini
12 Pelayanan Mendukung Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas  
  SOP Pelayanan Informasi untuk Penyandang Disabilitas   
  Website Mendukung Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas  lihat di sini
13 Informasi Kepemiluan  
  Menyediakan Informasi Tahapan, program dan jadwal yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu (untuk KPU) ; informasi tahapan, program dan jadwal terkait pencegahan, pengawasan, dan penindakan atas pelanggaran Pemilu dan Pemilihan (Bawaslu)  lihat di sini
  Hak, kewajiban, kewenangan, larangan, dan sanksi yang berkaitan dengan pengawasan dan atau penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan  lihat di sini
  Hasil Pencegahan, pengawasan, penindakan dugaan pelanggaran serta penyelesaian sengketa proses Pemilu (Pilkada/Pileg/Pilgub/Pilpres). (hasil pencegahan pengawasan dan penindakan tiap tahapan ) -- Untuk Bawaslu ; Hasil-hasil dari tiap tahapan Pemilu (untuk KPU)  lihat di sini
  Prosedur dan sarana partisipasi publik dalam Pemilu (Pilkada/Pileg/Pilgub/Pilpres)  lihat di sini
INFORMASI SETIAP SAAT  
1 Informasi tentang peraturan, keputusan, dan/atau kebijakan Badan Publik;  
  Dokumen pendukung; Masukan-masukan dari berbagai pihak atas peraturan, keputusan atau kebijakan yang dibentuk;  lihat di sini
  Risalah rapat dari proses pembentukan peraturan, keputusan atau kebijakan yang dibentuk;  lihat di sini
  Rancangan peraturan, keputusan atau kebijakan yang dibentuk;  lihat di sini
  Peraturan, keputusan dan/atau kebijakan yang telah diterbitkan (yang berada dalam tugas fungsi dan kewenangannya)  lihat di sini
2  Informasi tentang organisasi, administrasi, kepegawaian, dan keuangan;  
  Pedoman pengelolaan organisasi, administrasi, personil dan keuangan;  lihat di sini
  Profil lengkap pimpinan dan pegawai;  lihat di sini
  Anggaran Badan Publik secara umum maupun anggaran secara khusus unit pelaksana teknis 2024  lihat di sini
  Data statistik yang dibuat dan dikelola oleh Badan Publik  lihat di sini
  Surat-surat perjanjian dengan pihak ketiga berikut dokumen pendukungnya; lihat di sini
  Surat menyurat pimpinan atau pejabat Badan Publik dalam rangka pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenangnya; lihat di sini
  Data perbendaharaan atau inventaris; lihat di sini
  Rencana strategis dan rencana kerja Badan Publik; lihat di sini
   Agenda kerja pimpinan satuan kerja 2024 lihat di sini
   Laporan Layanan Informasi dan Dokumentasi (LLID)/Laporan Tahunan tahun 2023 lihat di sini
   Bukti kirim LLID/Laporan tahunan Layanan Informasi ke Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah (maksimal dikirimkan 31 Maret 2024)  
  Jumlah, jenis, dan gambaran umum pelanggaran yang ditemukan dalam pengawasan internal serta laporan penindakannya 2023 lihat di sini
   Jumlah, jenis, dan gambaran umum pelanggaran yang dilaporkan oleh masyarakat serta laporan penindakannya 2023 lihat di sini
  Daftar serta hasil-hasil penelitian yang dilakukan atau penelitian pihak lain terkait Badan Publik lihat di sini
   Informasi dan kebijakan yang disampaikan pejabat publik dalam pertemuan yang terbuka untuk umum (kliping media massa cetak/elektronik/website) lihat di sini
DIGITALISASI  
1  Layanan Publik Digital
  Badan Publik memiliki layanan informasi publik berbasis website dan atau aplikasi serta media sosial  lihat di sini
  Menyelenggarakan Layanan/Saluran informasi interaktif di media sosial (podcast, Youtube Channel, Live) yang diselenggarakan berkala lihat di sini
  Badan Publik memiliki layanan informasi publik berbasis website yang berkaitan dengan Sistem pengaduan beserta tindak lanjut (proses dan laporan) lihat di sini
2 Inovasi  
   Arsip Pemilu digital lihat di sini
  Open Data Kepemiluan lihat di sini
  Sosialisasi Pemilu/Pilkada kepada kelompok masyarakat marginal/daerah terluar lihat di sini
KUALITAS INFORMASI  
1 Dimensi waktu informasi, yaitu informasi bersifat up to date, tersedia setiap saat dan tersedia dalam waktu tertentu
  Badan Publik menyusun dan menetapkan Daftar Informasi Publik (DIP) tahun 2024  lihat di sini
  Media Sosial Badan Publik (facebook/twitter/instagram) aktif memberikan informasi publik setidaknya melakukan pembaruan 1 minggu sekali  lihat di sini
   Badan Publik telah mencantumkan informasi dikecualikan dari KPU/Bawaslu RI di dalam website KPU/Bawaslu Provinsi, Kabupaten dan Kota  lihat di sini
   Badan Publik mengumumkan informasi dalam klasifikasi Informasi Serta Merta sesuai dengan tugas fungsi dan ruang lingkupnya  lihat di sini
  Badan Publik mengumumkan pergantian pimpinan Badan Publik (Komisioner, jajaran pimpinan sekretariat)  lihat di sini
2 Konten informasi, yaitu Informasi bersifat akurat, relevan dan sesuai kebutuhan publik  
  Badan Publik memiliki tatacara untuk memeriksa akurasi informasi publik yang akan disampaikan kepada publik  lihat di sini
  Badan Publik mengumumkan informasi dalam kategori HOAX atau disinformasi sesuai dengan tugas, fungsi dan ruang lingkupnya  lihat di sini
  Badan Publik melakukan sosialisasi Anti-HOAX atau disinformasi terkait Pemilu/Pilkada 2024  lihat di sini
KOMITMEN ORGANISASI  
1 Legalitas
  Telah menetapkan PPID beserta struktur dan personil yang tertuang dalam Keputusan yang ditandatangani oleh Pimpinan KPU Provinsi ,Kab/Kota  lihat di sini
  Menetapkan SOP Pelayanan Informasi Publik :  
  - SOP Penyusunan Daftar Informasi Publik lihat di sini
  - SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik lihat di sini
  - SOP Uji Konsekuensi Informasi Publik lihat di sini
  - SOP Penanganan Keberatan Informasi Publik lihat di sini
  - SOP Maklumat Pelayanan Informasi Publik lihat di sini
  Mengumumkan Maklumat Pelayanan Informasi Publik pada tempat yang mudah di akses publik lihat di sini
2 Pelaksanaan Tugas dan Kewenangan PPID  
  Menyelenggarakan kegiatan ke PPID an dan atau kegiatan lain terkait tata kelola informasi publik lihat di sini
3 Penganggaran  
  Mengalokasikan anggaran untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi ke -PPID-an, yang sekurang-kurangnya diperuntukan untuk bimtek atau sejenisnya, honor pelaksana, up grading sarana prasarana IT, rapat-rapat dan hal lain terkait penguatan kelembagaan lihat di sini

Share this artikel :

facebook twitter email whatapps

Dilihat 267 Kali.